Arti Type/Tipe Rumah 36/100

Senin, 17-10-2011 19:51 WIB | Rumah | 26699 hit | 0 komentar | Properti | Anton Hilman
Bagikan

Tipe 36 boleh dikatakan sebagai tipe rumah kecil selanjutnya setelah tipe 21. Sebuah rumah atau perumahan dikatakan memiliki tipe 36 karena memiliki luas bangunan sekitar 36m2. Jika kita mengingat kembali hitungan perkalian di sekolah, 36 adalah hasil perpangkatan bilangan 6 atau 6 pangkat 2. Tapi dalam hal tipe rumah (terkadang orang menyebut pula type rumah) tidak semua rumah type 36 mempunyai panjang 6 dan lebar 6. Mungkin lebarnya berkurang sedikit tapi panjangnya bertambah sedikit.

Tentu ungkapan "bangunan berukuran 36" bukan berarti persis 36m2. Dalam prakteknya, kekurangan atau kelebihan beberapa cm2 adalah hal yang dapat dimaklumi.

Lantas bagaimana denah rumah 36 tersebut? Di bawah ini kami sediakan contohsketsa rumah tipe 36;

denah rumah 36

Dalam sketsa diatas, catatan yang perlu kita garisbawahi adalah bahwa gambar rumah 36 diatas adalah gambaran kasar dari tipe rumah 36 dengan luas tanah sekitar 100m2. Jika mengingat pembahasan mengenai tipe rumah yang telah kita ulas sebelumnya, kita bisa menulis rumah ini dengan tipe 36/100.  Untuk menjadikan desain kasar diatas menjadi desain rumah 36 siap bangun, kita bisa menyewa jasa arsitek untuk membuat perencanaan desain siap bangunnya. Ongkos pembuatan desain rumah ini menurut seorang arsitek yang pernah saya temui setidaknya ada dua macam. Yang pertama adalah per karya dan yang kedua adalah per m2.

Dari perbincangan yang kami lakukan, saya mengambil kesimpulan bahwa untuk ongkos pembuatan design rumah per karya, maka kita mengibaratkan design rumah sama dengan sebuah karya seni. Dengan demikian, semakin bagus desain rumah yang kita minta, maka semakin mahal harganya. Tentu dalam hal ini semakin terkenal atau "terakreditasi" arsiteknya, harganyapun bisa menjadi lebih mahal.

Lain halnya dengan biaya design per m2 atau yang disebut biaya borongan. Sesuai dengan namnya, biaya design rumah per m2 adalah biaya perancangan rumah yang dinilai per meter persegi dari rumah tersebut. Dengan biaya per m2 ini kita bisa memperkirakan sejak awal berapa jumlah uang yang ingin kita alokasikan ke tahap perencanaan ini. Salah satu biro arsitek yang pernah saya temui menawarkan ongkos desain sekitar Rp 8000/m2. Sedangkan jasa arsitek lain yang berdiri secara perorangan menawarkan Rp 2500/m2. Selisihnya cukup jauh bukan? Saya melihat ada dua macam hal yang perlu dianalisis. Yang pertama mungkin karena ingin bersaing dengan perusahaan besar, sehingga arsitek personal ini tadi banting harga. Atau kemungkinan yang kedua, si arsitek perorangan ini harganya sudah standar, sedangkan biru arsitek yang sudah berbadan hukum ini karena merasa sudah cukup "punya nama" sehingga berani memberikan harga tinggi untuk sebuah desain rumah.

Mana yang akan kita pilih? Menurut saya kembali kepada selera masing-masing. Dalam contoh kasus diatas, untuk arsitek yang berbadan hukum, biaya yang kita keluarkan untuk desain rumah 36 adalah sekitar 36*8000 = Rp 288ribu, sedangkan untuk arsitek perorangan adalah sekitar 36*2500 = Rp 90ribu. Jika anda percaya kepada arsitek perorangan ini tadi dan ingin menghemat biaya, tentu arsitek perorangan yang anda pilih. Tapi jika anda berpendapat bahwa arsitek berbadan hukum lebih dapat diandalkan tentu biro arsitek yang anda pilih. Apalagi jika anda berpendapat adalah desain rumah adalah hal dasar yang menjadi pondasi dari segalanya. Dan anda berpikir bahwa tidak masalah mengeluarkan biaya sedikit lebih besar jika itu untuk "kebaikan" yang lebih besar. Sekali lagi saya katakan, itu adalah masalah selera masing-masing.

Desain rumah type 36 yang sudah jadi lantas bisa dilanjutkan dengan penghitungan material, struktur beton,  dan rencana anggaran biaya atau RAB. Sebagian perusahaan arsitek ada yang memisahkan biaya ini. Artinya anda masih harus membayar untuk mendapatkan anggaran biaya dan material. Namun jika anda tidak ingin repot, anda bisa menyerahkannya kepada jasa kontraktor untuk mendapatkan rumah idaman anda. Atau jika anda tipe orang yang sibuk dengan segala aktivitas dan ingin yang lebih praktis, membeli rumah tipe 36 di perumahan adalah pilihan yang lebih simpel.

bicaraproperti.com

VIDEO NARUTO SHIPPUDEN TERBARU

Untuk Download Video Naruto klik kanan download dan pilih SAVE LINK AS
Share on: | BOB
Seluruh artikel di Hilman.web.id dapat anda perbanyak, cetak, modifikasi dan distribusikan secara bebas, asal tetap mencantumkan sumber URL.
Akses http://m.hilman.web.id di mana saja melalui ponsel, Blackberry, iPhone, atau Windows Mobile Phone Anda

KOMENTAR

http://www.hilman.web.id/posting/blog/1279/arti-type-tipe-rumah-36-100.html
Belum ada komentar

KIRIM KOMENTAR

Untuk menampilkan pic di komentarmu, gunakan email account Gravatar kamu untuk pic komentar. belum punya account Gravatar? klik disini
Nama :
Email/blog :
Alamat/kota :
Komentar :
security code *masukkan 3 kode terakhir

Saya menerima komentar terkait posting yang ditampilkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab anda. Saya berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

POSTING LAINNYA

Naruto Shippuden Movie 6 Road to Ninja

naruto shippuden videos taken from www.narutoget.com
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.
pasang iklan di http://hilman.web.id

DAILYLOG

kartu as dan telkomsel

sebelumnya...

Directory

RSS FEED

RSS Feed url: http://www.hilman.web.id/rss.php [Valid RSS]

WHERE R U FROM

Anda tanpa proxy
IP anda: 54.83.133.189
(ec2-54-83-133-189.compute-1.amazonaws.com)
1