Harga iPhone 3G Kini Kurang dari Rp 1 Juta!

San Francisco - Apple Inc memutuskan untuk memotong harga iPhone 3G. Perangkat ini siap dijual dengan harga USD 99 atau hanya Rp 990.000 alias kurang dari Rp 1 juta.

Pengumuman itu disampaikan dalam Worldwide Developer Conference (WWDC) yang digelar Apple di San Francisco, California, Amerika Serikat. Seperti dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (9/6/2009), pemotongan harga dilakukan pada iPhone 3G versi 8 Gigabyte.

Di saat yang sama Apple mengumumkan tersedianya Apple iPhone 3GS. Huruf 'S' pada nama iPhone ini konon mewakili 'speed' alias kecepatan. iPhone 3GS akan mulai dijual di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat dan Jerman, pada 19 Juni 2009 pada kisaran harga USD 199 (16GB) hingga USD 299 (32GB).

Hal lain yang juga diumumkan dalam WWDC adalah MacBook Air dengan harga yang lebih murah. Selain itu Apple juga memperkenalkan beberapa fitur pada sistem operasi terbaru mereka Mac OS X Snow Leopard.

Beberapa rumor tidak terbukti dalam acara tersebut. Ini termasuk Steve Jobs, yang ternyata tidak menampakkan batang hidungnya sama sekali, hingga Netbook Apple ataupun perangkat Tablet --keduanya hingga kini masih sebatas rumor belaka.

Selain kecepatan yang ditingkatkan, iPhone 3GS juga memiliki kemampuan merekam dan menyunting video. Selain itu, iPhone 3GS disebut memiliki kemampuan kendali melalui suara.

Belum ada konfirmasi dari pihak Telkomsel apakah pemotongan harga iPhone 3G 8GB juga akan dilakukan untuk iPhone yang dijual di Indonesia. Demikian pula apakah Telkomsel akan membawa iPhone 3GS ke Indonesia. ( wsh / wsh )